Mewujudkan Tim Kerja yang Andal

Gambar Mewujudkan Tim Kerja yang Andal

Transformasi sistem kerja saat ini menekankan pada kerja tim yang berorientasi kepada hasil kerja melalui sistem kerja yang kolaboratif dan dinamis. Sistem kerja tersebut diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 7/2022 tentang Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi. Dengan adanya penyesuaian sistem kerja baru yang diharapkan pelaksanaan tugas dilakukan dalam suatu sistem kerja dengan mengedepankan kompetensi, keahlian dan keterampilan setiap anggota tim.

Pengoptimalan dalam pemanfaatan sumberdaya manusia pada sebuah tim akan menjadi hal penting guna menyelesaikan tugas secara lebih efektif dan efisien. Tentunya bekerja dalam suatu tim membutuhkan kemampuan kerjasama yang baik antar anggotanya. Pengertian tim kerja itu sendiri sebagai suatu proses, kelompok kerja atau work team, menurut Robbins (2004) adalah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang saling mempengaruhi dan saling tergantung yang datang bersama-sama untuk mencapai sasaran tertentu. 

Sedangkan menurut David W Johnson & Frank P.Johnson, work team adalah sekumpulan interaksi interpersonal yang terstruktur untuk (1) memaksimalkan keahlian dan kesuksesan anggota dalam pekerjaannya dan (2) mengkoordinasikan dan menyatukan usaha tiap anggota ke anggota yang lain dalam tim. Pemahaman tim terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing akan membantu dalam pelaksanaan kerja sama tim secara sinergi.

Tim Kerja Unggul

Tim terbaik meliputi orang-orang yang memiliki berbagai peran dalam tim. Peran tim adalah salah satu aspek keberagaman tim yang melengkapi  keberagaman lain seperti gender, budaya dan bahasa. Ciri-ciri tim kerja itu sendiri menurut Robbins diantaranya adalah mempunyai tujuan kinerja bersama/kolektif, bersinergi positif serta bertanggung jawab secara individu maupun bersama, dan setiap anggota mempunyai keahlian yang saling melengkapi. 

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa tim yang terdiri dari beragam atau heterogen latar belakang dapat menunjukkan performance lebih baik dari tim yang berlatar belakang homogen, sejauh bagaimana keberagaman tersebut dapat bersinergi dengan baik.